Satgas : Evaluasi Kinerja Posko Agar Penanganan Dari Hulu Ke Hilir Berjalan Baik

PEDOMAN.id – Satgas Penanganan COVID-19 meminta setiap Pemerintah Daerah (Pemda) mengevaluasi kinerja posko di masing-masing desa dan kelurahan. Disamping itu, masyarakat pun perlu ikut berpartisipasi agar implementasi kebijakan dapat berjalan baik di lapangan.

“Pada prinsipnya penanganan COVID-19 yang baik ialah yang menjangkau dari hulu sampai hilir sumber penularan COVID-19,” Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers, Selasa (28/12/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden,

Saat ini kebijakan pengendalian COVID-19 yang masih terus diterapkan ialah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) levelling per kabupaten/kota. Dimana di dalamnya pun tetap menghimbau pemerintah kabupaten/kota menindaklanjuti penerapan PPKM Mikro dan operasionalisasi Posko pada Desa/Kelurahan di bawahnya.

Konsep micro lockdown merupakan bagian dari PPKM Mikro di tingkat RT dan tetap diatur dalam instruksi menteri dalam negeri untuk membatasi kegiatan masyarakat secara ketat.

“Untuk itu, dalam implementasinya perlu kembali mengevaluasi kinerja posko termasuk pencatatan dan pelaporan kasus,” tegas Wiku.

(Sumber: Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional)